Posted by : a Saturday, October 28, 2017

Nama: Ananda Dwi Putranto
NIM: 1705551100
Jurusan/Fakultas/Universitas: Jurusan Teknologi Informasi/Fakultas Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah: Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, ST MT


Dunia komputer memang sangat luas. Banyak hal yang dapat kita pelajari di dalamnya mulai dari komponen hardware yang terpasang hingga komponen yang tak terlihat di dalamnya seperti software dan lain-lain. Berikut adalah beberapa serba-serbi mengenai database, pemrograman, serta operating system dan networking.

Database


Database merupakan kumpulan data yang disimpan secara sistematis dan memiliki relasi di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi dengan perangkat lunak sehingga menghasilkan suatu informasi. Pada database, terdapat lima materi yang akan dibahas, yaitu Open Data, Data Warehouse, Big Data, Data Mining, dan Machine Learning. 

Open Data atau data terbuka adalah suatu konsep tentang data yang tersedia secara bebas untuk diakses dan dimanfaatkan oleh khalayak umum dengan tujuan pengembangan ilmu atau komersialisasi. 

Data warehouse adalah suatu konsep dan kombinasi teknologi yang memfasilitasi organisasi untuk mengelola dan memelihara data historis yang diperoleh dari sistem atau aplikasi operasional. 

Big Data merupakan sebuah teknologi baru di dunia teknologi informasi dimana memungkinan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dalam beragam bentuk/format, berjumlah besar dan pertambahan data yang sangat cepat. 

Data Mining merupakan proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basisdata dengan melakukan penggalian pola-pola dari data dengan tujuan untuk memanipulasi data menjadi informasi yang lebih berharga yang diperoleh dengan cara mengekstraksi dan mengenali pola yang penting atau menarik dari data yang terdapat dalam basis data. 

Machine Learning merupakan ilmu cabang dari kecerdasan buatan yang mempelajari bagaimana cara mesin melakukan proses belajar dari data.

Pemrograman



Pemrograman merupakan ilmu yang mempelajari proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Koding (menulis kode) dapat dilakukan dalam berbagai bahasa pemrograman. Hal terpenting dalam penulisan kode adalah pemahaman akan algoirtma dari program yang akan dibuat. Algoritma merupakan alur berjalannya dari suatu program yang akan dibuat dan di koding. Terdapat beberapa materi yang dibahas pada pemrograman, yaitu Pemrograman Struktural, Pemrograman Object Oriented, dan IDE. 

Pemrograman Struktural merupakan pemrograman dimana pendekatan pembuatan program adalah dengan menganut konsep "top-down". Pada konsep ini, program dimulai dengan gambaran global, yang dinyatakan dengan nama-prosedur (sub-rutin) dan bukan isi detailnya. Selanjutnya prosedur sendiri bisa dipecah-pecah lagi menjadi prosedur yang lain. Dalam konsep struktural menggunakan function dan procedure. 

Pemrograman Object Oriented merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik peranti lunak skala besar. 

IDE atau Integrated Develoment Environment merupakan sebuah software aplikasi yang memberikan fasilitas kepada programmer komputer ketika membuat program. Biasanya sebuah IDE terdiri dari source code editor build automation tools dan debugger.

Operating System dan Networking


Operating System atau sistem operasi merupakan perangkat lunak yang dipasangkan pada sebuah komputer untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi dari sebuah komputer, seperti mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak serta tanpa adanya sistem operasi, komputer tidak dapat menjalankan aplikasi apapun kecuali BIOS. Contoh dari sistem operasi yaitu Windows yang bersifat closed source serta Ubuntu dari Linux yang bersifat open source. 

Networking atau jaringan komputer merupakan kumpulan komputer atau perangkat sejenis yang terhubung dengan kabel (wired) atau tanpa kabel (wireless) dengan tujuan berbagi informasi dan data serta fungsi-fungsi lainnya. Dalam suatu jaringan diperlukan setidaknya dua komputer atau perangkat sejenisnya. 

Network Operating System merupakan sistem operasi yang dipasangkan pada komputer yang menjadi server. Contohnya adalah Free BSD, Solaris, Debian, CentOS (linux), serta Windows Sever.

Sumber referensi:

  • I Putu Agus Eka Pratama, ST MT; Database, Pemrograman, Operating System dan Networking; Pertemuan 8

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Copyright by ADP Share. Powered by Blogger.

- Copyright © ADP Share -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -