Posted by : a Saturday, October 28, 2017


Ubuntu merupakan salah satu distro linux yang paling populer dikalangan pengguna Linux, baik di luar negeri maupun di Indonesia selain LinuxMint. Ubuntu menawarkan tampilan  user friendly yang dapat dengan mudah dimengerti dan digunakan oleh orang awam atau pengguna Windows yang baru mencoba sistem operasi Linux. Sistem operasi Ubuntu dapat diunduh melalui link berikut ini.

Kali ini kita akan menjelaskan cara menginstal Ubuntu pada salah satu virtual machine yang dapat digunakan dengan gratis, yakni VMware. VMware dapat diunduh melalui link ini.

Instalasi Ubuntu pada VMware

a. Sebelum melakukan instalasi Ubuntu pada VMware, terlebih dahulu kita harus menginstal VMware itu sendiri. Setelah selesai, buka VMware dengan cara dobel klik pada icon VMware. Lalu, klik Create a New Virtual Machine seperti pada tampilan di bawah ini.
 


b. Setelah itu, akan muncul tampilan untuk memilih sumber dari file Ubuntu yang akan dipilih. Klik radio button yang bertuliskan  Installer disc image file (.iso). Lalu, klik Browse.



c. Pilih file instalasi Ubuntu sesuai dengan yang telah diunduh tadi. Lalu klik Open. Setelah itu, klik Next.




d. Setelah itu, akan muncul tampilan Personalize Linux. Isi kolom Full name, User name, Password, dan Confirm. Data ini nantinya akan digunakan untuk login pada sistem operasi Ubuntu yang telah terinstal. Lalu klik Next.



e. Tampilan Name the Virtual Machine akan muncul selanjutnya. Isi nama Virtual Machine dan pilih letak dimana Virtual Machine akan tersimpan. Klik Browse untuk memilih lokasi penyimpanan. Setelah selesai memilih lokasi, klik Next.



f. Pada tampilan Specify Disk Capacity, kalian harus menentukan besaran dari Virtual Disk yang akan digunakan dalam Virtual Machine kalian. Setelah menentukan besarannya, klik Next.



g. Setelah itu akan muncul tampilan spesifikasi dari Virtual Machine yang akan diinstal. Jika ingin merubah spesifikasi, klik Customize Hardware. Jika tidak, bisa langsung klik Finish.



h. Setelah meng-klik Finish, maka proses pembuatan Virtual Machine akan langsung dikerjakan dan langsun menjalankan file instalasi Ubuntu. 



i. Berikut ini beberapa gambar proses menjalankan file instalasi Ubuntu.






j. Setelah proses menjalankan file instalasi selesai, secara otomatis akan muncul tampilan Install dengan proses pertama Copying files lalu dilanjutkan dengan proses Installing system.







k. Setelah proses instalasi selesai, akan muncul tampilan untuk login Ubuntu. Klik terlebih dahulu nama sesuai dengan yang telah dibuat tadi.



l. Masukkan password sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya. Lalu klik Sign In.



m. Lalu proses yang tersisa akan otomatis diselesaikan.



n. Setelah semua proses instalasi selesai, akan muncul tampilan seperti di bawah ini yang menandakan proses instalasi Ubuntu telah selesai dan dapat langsung digunakan oleh pengguna.





Instalasi Ubuntu pada PC

a. Pertama, siapkan terlebih dahulu partisi kosong sebagai tempat instalasi Ubuntu. Jika menggunakan dual-boot, pisahkan partisi antara instalasi os sebelumnya dengan partisi tempat instalasi Ubuntu. Pembuatan partisi dapat dilakukan langsung di os Windows-nya atau menggunakan software EaseUS Partition Master.

b. Setelah itu, pasangkan file instalasi Ubuntu yang akan diinstal. Pembuatan file bootable Ubuntu dapat dilakukan dengan software Rufus jika ingin melakukan instalasi dengan USB Flash Disk. 

c. Lalu, atur ulang pengaturan BIOS agar boot yang pertama dilakukan melalui drive yang berisi file instalasi Ubuntu. Pengaturan ulang setiap PC dapat berbeda-beda namun dapat dengan mudah kita ganti. 

d. Restart PC kalian agar langsung melakukan booting pertama melalui Drive tempat file instalasi berada.

e. Langkah selanjutnya dapat disesuaikan dengan tutorial instalasi pada VMware.

Untuk tutorial lebih lengkap mengenai instalasi Ubuntu secara dual-boot, kalian dapat mengunjungi website WinPoin.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Copyright by ADP Share. Powered by Blogger.

- Copyright © ADP Share -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -