Posted by : a Tuesday, November 14, 2017

Dok. pribadi

Memotret bintang merupakan salah satu favorit bagi para fotografer kebanyakan. Hal tersebut digemari karena bintang sudah jarang terlihat di daerah perkotaan. Memotret bintang tidak seperti memotret objek lain yang "tinggal jepret". Dibutuhkan beberapa keahlian, peralatan, serta kesabaran bagi sang juru foto. Berikut ini tips menghasilkan foto bintang yang indah.


Persiapkan Gear (Tripod & Kamera)

Untuk menangkap gambar, tentu diperlukan sebuah kamera baik itu dslr maupun jenis lainnya. Untuk memotret bintang, kita bisa menggunakan berbagai macam kamera dengan catatan kamera tersebut mampu untuk di set sesuai dengan kondisi malam hari. Penggunaan kamera smartphone sejauh ini belum cukup memadai untuk memotret bintang. Lalu kita memerlukan tripod atau peralatan sejenis untuk membantu proses pengambilan gambar. Apa fungsinya? tripod berguna untuk menjaga agar kamera tidak goyang saat pengambilan foto.

Setting Kamera

Setting kamera meruapakan salah satu hal terpenting untuk memotret bintang. Set kamera pada bukaan atau aperture terlebar, serta kecepatan rana atau exposure dalam durasi yang cukup lama, serta atur ISO secukupnya(set ke paling tinggi yang belum muncul noise atau grainy) agar bintang serta rasi bintangnya dapat tertangkap dengan jelas pada foto yang dihasilkan. 

Jauhi Perkotaan

Daerah perkotaan yang penuh polusi dan banyaknya cahaya lampu gedung dan rumah membuat pemotretan bintang sangat sulit dilakukan. Carilah tempat yang agak jauh dari perkotaan dimana tempat tersebut masih minim akan polusi dan lampu-lampu. Daerah perbukitan dan pegunungan menjadi spot yang pas untuk menangkap gambar bintang. Selain itu, daerah pedesaan yang masih minim cahaya juga dapat dijadikan spot alternatif.


Lihat Prakiraan Cuaca

Setelah menyiapkan gear, menyetting kamera, serta pergi ke spot foto yang pas tentu akan sia-sia jika sesampainya disana cuaca sedang mendung atau bahkan hujan. Maka dari itu, pantau terlebih dahulu prakiraan cuaca yang dapat kita lihat melalui ponsel. Walaupun tidak seratus persen akurat, setidaknya kita bisa memperkirakan bagaimana cuaca di daerah spot foto kita berada. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Copyright by ADP Share. Powered by Blogger.

- Copyright © ADP Share -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -