Posted by : a Tuesday, November 21, 2017


Setelah membahas tentang landscape dan portrait, ada juga salah satu istilah dalam fotografi yang sangat terkenal. Istilah tersebut adalah "Bokeh". Mungkin di telinga orang awam, istilah tersebut acap kali terdengar namun tidak mengetahui apa artinya. Apa sih itu Bokeh? Bokeh berasal dari bahasa Jepang yaitu "boke" ( 暈け atau ボケ ) yang berarti "blur" atau "kabut". Istilah terkait adalah bokashi ( 暈かし ) yang berarti sengaja dikaburkan atau di-gradasi.

Istilah bokeh dipopulerkan dalam bahasa Inggris pada tahun 1997 oleh majalah Photo Techniques, yang saat itu Mike Johnston seorang editor memuat tiga artikel untuk bulan Maret dan April 1997 dengan mengubah ejaan dari bahasa Jepang tersebut menjadi pengucapan yang benar untuk penutur bahasa Inggris. Istilah bokeh dalam fotoghrafi muncul dalam buku-buku fotografi sejak 1998. 

Bokeh merupakan bagian sisi foto yang tidak jelas atau kabur. Dalam dunia fotografi pula, sebuah bidang fokus foto dibebani oleh lensa kamera sehingga bidang fokus tidak seluas pada mata kita. Dari kejadian tersebut terbentuklah sebuah bokeh dari sebuah foto. Disisi lain, kekurangan dari sebuah optik yang dimiliki lensa kamera ini dimanfaatkan oleh fotografer untuk membuat suatu karya foto yang dapat menonjol titik fokus mata dimana akan berhenti sejenak pada objek foto sebelum memulai menelusuri area lain.

Teknik bokeh biasa digunakan oleh fotografer untuk memperjelas point dari suatu objek yang ingin dipotret. Foto dibuat fokus pada salah satu objek dan objek lainnya akan di-blur. Foto yang dihasilkan pun menjadi lebih bagus dan arti dari sebuah foto yang ingin disampaikan oleh fotografer akan lebih tersampaikan.

Sekian dulu pengertian dari "Bokeh". Pada kesempatan lainnya akan dibagikan teknik untuk mendapat gambar bokeh yang sesuai dengan keinginan kalian.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Copyright by ADP Share. Powered by Blogger.

- Copyright © ADP Share -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -