Posted by : a Monday, November 6, 2017

Nama: Ananda Dwi Putranto
NIM: 1705551100
Jurusan/Fakultas/Universitas: Jurusan Teknologi Informasi/Fakultas Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah: Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, ST MT


Sistem dan teknologi informasi sudah berkembang sangat jauh pada masa sekarang. Hal tersebut membuat kehidupan manusia jauh dipermudah dalam banyak hal, baik dalam pekerjaan sehari-hari, kehidupan bersosialisasi maupun kegiatan lainnya yang memanfaatkan sistem dan teknologi informasi. Penerapan dari sistem dan teknologi informasi sudah sangat banyak terdapat di kehidupan kita baik kita sadari maupun tidak kita sadari. Berikut ini peran-peran yang sistem dan teknologi informasi yang dapat kita rasakan dampaknya.

Memahami Peran Sistem dan Teknologi Informasi Dalam Dunia Nyata

Sebelum membahasa satu per satu bagian, secara garis besar contoh penerapan sistem dan teknologi informasi adalah BUS, I/O, memori (RAM dan ROM), sistem bilangan dan aritmatika, komputerisasi, komputasi (tunggal dan paralel), hardware komputer, cloud service, animasi, robotika, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk tiga pertama yang telah disebutkan diatas merupakan perangkat keras yang terpasang di dalam internal dari sebuah komputer atau perangkat lainnya. Penerapan dari cloud service juga sudah banyak digunakan seperti Google Drive sebagai media penyimpanan online serta layanan pada media sosial yang menerapkan cloud service. Animasi dan robotika juga tengah banyak digandrungi oleh penggemar teknologi karena teknologi yang digunakan sudah semakin maju dan canggih seperti animasi yang memanfaatkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality serta banyaknya teknologi robotika yang memanfaatkan Artifical Intelegent.

Untuk penerapan lainnya akan kita kupas satu per satu.

Peran Dalam Dunia Bisnis: Social Media

Social media sudah menjadi ruang teknologi yang dibutuhkan oleh kebanyakan orang di dunia, khususnya di Indonesia. Persentase penggunanya pun makin tahun semakin tinggi. Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan pengguna sosial media Facebook yang terbanyak di dunia. Banyaknya penduduk Indonesia yang menggunakan sosial media memunculkan potensi besar bagi perusahaan besar atau pengusaha kecil menengah dalam mengembangkan bisnisnya. Contohnya dalam hal promosi, berkomunikasi dengan pelanggan, serta mengetahui minat apa saja yang tengah digandrungi oleh masyarakat kebanyakan.

Sosial media memang sangat mudah digunakan. Hanya dengan melakukan beberapa langkah saja, kita sudah dapat menggunakan dan mengakses sosial media. Tapi tahukah kalian? Dibalik semua kemudahan tersebut, perusahaan besar penyedia aplikasi sosial media membutuhkan banyak hal untuk menjalankan sosial media tersebut dengan baik. Mereka harus memiliki layanan server, data center, cloud computing serta keamanan sistem yang baik agar para pengguna tetap dengan nyaman menggunakan aplikasi mereka.

Peran Dalam Dunia Database: Oracle

Berbicara soal teknologi informasi, tidak terlepas dari yang namanya data. Pemanfaatan teknologi pada data membuat pengelolaan data dapat dengan mudah dilakukan tanpa peru menggunakan cara tradisional yang membuat pencarian data susah dilakukan. Teknologi yang digunakan dalam pengelolaan data adalah Database (penjelasan lebih lengkap mengenai database diakses disini).

Salah satu perusahaan terbesar di dunia yang terkenal akan teknologi databasenya adalah Oracle. Perusahaan yang didirikan oleh Larry Ellison ini berbasis di Amerika Serikat. Oracle tidak hanya bergerak pada bidang DataBase Management System saja, namun Oracle juga memberikan layanan Data Cloud, Data Security yang terjamin kredibilitasnya karena banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia bahkan banyak juga digunakan pada lembaga-lembaga pemerintahan di Indonesia. Selain Oracle, ada juga database MySQL yang banyak digunakan dalam pengembangan website dan lain-lain.

Peran Dalam Dunia Pemrograman: IDE, Visual/Mobile/Game Programming

Aplikasi dan software yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak akan berjalan sebagaimana dengan mestinya tanpa adanya kode-kode yang menyusun program atau aplikasi tersebut dibelakangnya. Saat ini, tools dalam pemrograman sudah banyak terdapat IDE yang mempermudah pekerjaan dari para programmer. IDE atau Integrated Development Environment merupakan suatu tools pemrograman tempat programmer menuliskan kode program dan menjadi satu paket dengan compiler, debugger, dan tools lainnya untuk membantu pengerjaan suatu program. Dengan kata lain, IDE adalah tools pemrograman yang all in one. Contoh-contoh dari IDE antara lain Netbeans yang banyak digunakan untuk pemrograman berbasis desktop, Eclipse dan Android Studio yang banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis Android, Xcode yang biasa digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile berbasis IOS, dan IDE lainnya dengan bermacam kegunaan.


Terdapat beberapa macam pemrograman yang ada berkembang saat ini. Ada Visual Programming yang berfokus pada pengembangan aplikasi pada platform desktop. Ada juga Mobile Programming dimana programmer dapat membuat aplikasi-aplikasi mobile dengan berbagai basis operating system dengan kegunaan-kegunaan yang berbeda. Serta adanya Game Programming dimana programmer dapat menciptakan permainan pada platform yang mereka pilih baik itu desktop maupun mobile. Terdapat juga jenis penulisan program seperti Struktural dan Object Oriented yang dapat ditelusuri lebih jauh disini.

Sumber referensi:
  • I Putu Agus Eka Pratama, ST MT; Database, Pemrograman, Operating System dan Networking; Pertemuan 9
  • Ananda Dwi, Serba-Serbi Database, Pemrograman Hingga OS, dan Networking, https://adpshare.blogspot.co.id/2017/10/serba-serbi-database-pemrograman-hingga.html, diakses pada 5 November 2017

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Copyright by ADP Share. Powered by Blogger.

- Copyright © ADP Share -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -