Posted by : a Tuesday, October 3, 2017

Buat kalian yang awam dengan dunia fotografi dan memiliki niatan untuk membeli kamera pasti kebingungan untuk memilih jenis kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau kamera Mirrorless. Terlebih lagi saat ini harga kedua jenis kamera tersebut sangat bersaing di pasaran. Lalu, mana yang harus kita pilih? Beli DSLR atau Mirrorless?

Sebelum itu, apa perbedaan utama DSLR dan Mirrorless? Sesuai julukannya, mirrorless yang berarti “tanpa cermin”, mirrorless sejatinya adalah DSLR yang dihilangkan bagian pemantul cahayanya (mirrorbox).

Tanpa mirrorbox yang berfungsi membelokkan cahaya dari lensa ke jendela bidik optis, ukuran kamera mirrorless bisa dibuat jauh menciut dibandingkan DSLR, sambil tetap mempertahankan kualitas tangkapan gambar dan lensa yang bisa diganti-ganti.

Lantas pilih mana? Berikut ini beberapa poin penting sebelum memilih antara DSLR atau Mirrorless.

Portabilitas

Biasanya, alasan orang memilih kamera Mirrorless karena ukurannya yang menyerupai kamera compact namun dengan kemampuan yang lebih. Alasan tersebut benar adanya karena rata-rata kamera Mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil dari DSLR. Bahkan kamera Mirrorless Full Frame ukurannya lebih mungil dari DSLR kebanyakan. 

Kelengkapan Lensa

Pada bagian ketersediaan lensa, DSLR menang telak dari Mirrorless karena DSLR sudah jauh lebih dulu hadir serta banyak perusahaan selain produsen DSLR yang membuat lensa yang compatible dengan DSLR tersebut. Memang banyak tersedia adapter agar bisa menggunakan lensa DSLR pada body Mirrorless. Namun hal tersebut akan mengurangi keunggulan portabilitas yang diusungnya.

Viewfinder VS Electronic Viewfinder

Kamera DSLR identik dengan yang namanya viewfinder atau jendela bidik. Dengan viewfinder kita dapat membidik objek yang akan kita potret secara natural serta dapat melihat tingkat kefocusan tanpa harus melihat di layar LCD kamera. Pada beberapa kamera Mirrorless sudah menggunakan EVF untuk menggantikan viewfinder namun terkadang masih terasa kurang natural. Serta pada Mirrorless yang tidak menggunakan EVF tetap dapat melihat objek melalui liveview di layar LCD dengan konsekuensi daya tahan baterai yang cepat berkurang.

Kemampuan Kamera

Pada poin ini, Mirrorless sudah dapat bersaing dengan DSLR. Banyak Mirrorless baru bemunculan dengan kemampuan yang lengkap setara dengan DSLR. Bahkan untuk kemampuan video, beberapa Mirrorless sudah menjadi primadona mengalahkan DSLR seperti camera Sony A7SII dan Panasonic Lumix GH5 yang banyak digunakan videografer dalam sebuah produksi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Copyright by ADP Share. Powered by Blogger.

- Copyright © ADP Share -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -