Posted by : a Thursday, December 7, 2017

Analog vs Digital (Sumber gambar)

Seperti yang tertera pada judul di atas, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan kamera SLR dengan kamera DSLR. Loh, bukannya sama aja? Pertanyaan tersebut pasti akan muncul di benak orang-orang awam. 

Kamera SLR atau Single Lens Reflex merupakan kamera yang mengunakan sistem cermin di dalam kamera yang memantulkan sebagian cahaya ke prisma sehingga fotografer dapat melihat komposisi foto dengan mengintip di jendela bidik dengan akurat sesuai apa yang dilihat oleh lensa kamera. Kamera SLR biasanya masih menggunakan film(roll film) dan biasanya fitur-fitur yang terdapat pada kamera SLR kebanyakan masih serba manual.

Lantas apa bedanya dengan DSLR? Kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflex pada dasarnya menganut sistem yang sama dengan SLR, yaitu mengunakan sistem cermin di dalam kamera yang memantulkan sebagian cahaya ke prisma sehingga fotografer dapat melihat komposisi foto dengan mengintip di jendela bidik dengan akurat sesuai apa yang dilihat oleh lensa kamera. Namun, perbedaannya dengan kamera SLR adalah kamera DSLR sudah tidak menggunakan roll film lagi sebagai penyimpanan, melainkan menggunakan memori digital seperti SD Card, CF Card, atau memori lainnya dalam bentuk digital. Fitur-fitur yang terdapat di dalam DSLR pun rata-rata sudah bisa digunakan secara Auto dan pengaturannya semakin intuitif sehingga mempermudah penggunaan bagi fotografer.

Adanya DSLR dan kamera digital lainnya tidak lantas membuat keberadaan kamera SLR atau kamera analog lain punah atau tersingkir. Masih banyak orang yang menyukai kamera analog dikarenakan keaslian warna gambar yang dihasilkan oleh film, penggunaannya lebih tradisional, serta proses yang dijalankan hingga foto jadi lebih bisa dinikmati karena tidak instan seperti kamera digital.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Copyright by ADP Share. Powered by Blogger.

- Copyright © ADP Share -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -