Posted by : a Wednesday, April 3, 2013





Hai Sobat Blogger! Bagi pengguna Facebook, mungkin artikel ini akan berguna bagi kalian. Mengapa? Karena artikel ini akan membuat kalian waspada agar tidak mengklik Scam-scam yang dapat membahayakan akun anda. SCAM adalah
tipuan atau penipuan yang memanfaatkan psikologis manusia untuk menarik simpati para sobat semua. 

Berkut ini adalah daftar 10 scam yang paling banyak dijumpai dan bahkan masih aktif mencari korban di Facebook, sehingga perlu diwaspadai:

1. Profile Viewer dan Profile Blocker
 
Scam ini ngakunya bisa menunjukkan siapa-siapa yang ngintip profil kita di FB dan siapa yang nge-blok kita dari FBnya. Sepertinya menarik, tetapi sayangnya tidak satupun dari kedua aplikasi tersebut yang menepati ‘janjinya’. Pihak Facebook sendiri juga tidak pernah memberikan akses data yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi kepada siapapun.

2. iPad & iPhone gratis

Jangan percaya pada iklan-iklan nge-tes iPad dan iPhone lalu iPad dan iPhone-nya boleh dimiliki gratis. Itu cuma trik marketing saja. Scam ini tidak hanya untuk produk Apple saja tetapi juga produk gadget lain.

3. Gratis Facebook Credit

Scam yang mentarget para gamer Facebook. Credit yang dimaksud digunakan untuk beli item-item di Farmville, Cityville, dll. Untuk bisa mendapatkan credit tersebut kita harus membayar dengan uang kita, jadi tidak mungkinlah credit itu diberikan gratis begitu saja.

4. Produk, Voucher dan Tiket Gratis

Kalau kelihatannya mengada-ada, bisa dipastikan itu pasti berasal dari Facebook! Iklan Tiket atau Smartphone murah yang mengaku dari Batam adalah Scam yang populer di kalangan Facebookers Indonesia. Jangan mudah terpedaya dengan harga murah.

5. Foto dan Berita-berita menghebohkan

Berita menghebohkan bisa ada setiap waktu, jangan terkecoh. Scammer suka menipu korban yang tidak waspada dengan janji-janji bertajuk “liputan ekslusif” – ingat berita eksklusif tentang foto-foto seksi artis, kasus pidana yang menjerat, hingga perubahan status tertentu.

6. Upaya Phishing untuk Mencuri Data Login

Ketika scammer berhasil mendapatkan data login kita, ia akan melakukan segala macam yang merugikan hingga akhirnya kita sadar akun kita sudah diobok-obok. Notifikasi yang kita terima seakan-akan langsung berasal dari pihak Facebook Security sudah umum dijadikan sebagai tipuan. Cara ini juga menjadi bagian dari modus kejahatan internet secara luas tidak hanya di Facebook

7. Fitur Baru atau Bonus Fitur di Facebook

Tombol dislike, aplikasi untuk mengganti warna di Facebook kita, maupun aplikasi untuk melihat siapa yang merubah status pertemanan menjadi unfriend, adalah beberapa contoh scam yang banyak beredar. Fitur tipuan tersebut juga bisa berasal dari situs lain, alih-alih mendapatkan aplikasi fitur tambahan yang menarik, malah kemasukan adware dan malware yang biasa disertakan dalam plugins.Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk menginstall aplikasi dan ekstensinya yang berasal dari developer yang terpercaya.

8. Tipuan Headline Berita

Ingat berita tentang Gelombang Tsunami Fukushima di Jepang, belakangan ini beredar luas bahasa gaul “OMG atau Oh My God” atau “Heboh!” Sehingga semua judul berita yang diawali dengan “OMG” atau “Heboh” banyak muncul di Facebook. Berita tersebut. Mereka memancing korban dengan berita yang tidak jelas atau sesat, biasanya akan diikuti dengan permintaan ke user untuk mengisi survey dan video tipuan. Gotcha!

9. Cerita Hoax tentang Artis dan Orang Terkenal

Facebook adalah media untuk berjejaring secara sosial di dunia maya bukan kumpulan berita gosip artis. Berita gosip juga sering dipakai untuk memancing oleh para scammer, mengangkat berita kematian artis atau atau orang terkenal – ingat berita tentang tertembaknya Osama bin Laden dan berita lain yang sensasional cukup ampuh untuk menipu penggemar gosip. Cara ini menyebar sangat cepat karena umumnya user mensharenya terlebih dahulu sebelum ia membaca dan memverifikasi kebenaran berita.

10. “Permintaan Bantuan, dan Butuh Uang“

Jika suatu saat kita dapat berita dari teman yang berisi pesan bahwa mereka terdampar di sebuah tempat di luar negeri, jangan terburu-buru pergi ke bank atau Western Union untuk transfer uang. Itu pasti karena akun Facebook teman kita telah dibajak oleh pelaku scam.


{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. terima kasih artikelnya sangat membantu sekali ,.,.,.,.
    mau tambah nih daftar sosbok yang terbaru

    lintasberita.in
    sosialberita.com

    gampang banget submitnya

    ReplyDelete

Popular Post

Copyright by ADP Share. Powered by Blogger.

- Copyright © ADP Share -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -